Untuk hasil terbaik gunakan browser Mozilla Firefox 2.0.0 ke atas atau Internet Explorer 6 ke atas Resolusi layar 1024 X 768 pixels

[English Version]
demo
    Cari : 
 

INFORMASI LAIN

 

 
Beranda > Berita > Seminar & Workshop > Selengkapnya

   
Workshop, Pelatihan dan Ekspose Inovasi Teknologi Tanaman Hias guna Mendukung Pengembangan dan Mewujudkan Kawasan Agribisnis Florikultura yang Berdaya Saing
Sumber: Jasa Penelitian, Tgl Posting [05-12-2012]

Workshop, Pelatihan dan Ekspose Inovasi Teknologi Tanaman Hias guna Mendukung Pengembangan dan Mewujudkan Kawasan Agribisnis Florikultura yang Berdaya Saing telah dilaksanakan di Desa Candi Kuning, Baturiti, Tabanan, Bali dari tanggal 27 hingga 29 November 2012. Kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan dan kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Balai Penelitian Tanaman Hias; Direktorat Jenderal Hortikultura melalui Direktorat Budidaya dan Pasca Panen Florikultura, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Kabupaten Tabanan, Kelompok Tani dan Petani. Kegiatan tersebut mengusung tema “Akselerasi Pengembangan Inovasi Mendukung Pembangunan Kawasan Agribisnis Florikultura yang Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Workshop

Workshop diselenggarakan pada tanggal 28 Nopember 2012 bertempat di Hotel Wana Villas Bedugul, yang diikuti oleh peserta dari 9 BPTP yaitu BPTP Bali, BPTP Jawa Timur, BPTP Jawa Barat, BPTP DIY, BPTP Bengkulu, BPTP Lampung, BPTP Sumatra Selatan, BPTP Sulawesi Selatan, BPTP Sulwesi Tengah dan BPTP Sulawesi Utara, SKPD lingkup propinsi Bali, Kelompok Tani; Pengusaha dan Supplyer Tanaman Hias, Universitas Udayana dan Peneliti lingkup badan Litbang Pertanian.

Pembukaan Acara Workshop dilaksanakan di Sekretariat Kelompok Tani Candi Kuning, diawali dengan sambutan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura yang disampaikan oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Dr. Ir. M Prama Yufdi, MSc. Pada kesempatan ini Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tabanan yang telah memberikan komitmen dukungan pengembangan kawasan agribisnis tanaman hias dengan mengoptimalkan sinergisme para pihak terkait.

Sambutan sekaligus pembukaan workshop, ekspose dan pelatihan budidaya krisan berbasis kompetensi secara resmi dilakukan oleh Sekda Kabupaten Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM mewakili Bupati Tabanan yang berhalangan hadir. Di dalam sambutannya, Bupati Tabanan menyatakan bahwa Pemerintah Daerah mengapresiasi dan berterima kasih atas penyelenggaraan acara workshop, ekspose dan pelatihan budidaya krisan berbasis kompetensi.

Workshop dimulai dengan presentasi Direktur Budidaya dan Pasca Panen Florikultura Direktorat Jendral Hortikultura yang disampaikan oleh Ir. Novia Yusrini, MSc yang berjudul “Kebijakan Pengembangan Florikultura. Presentasi tersebut dilanjutkan dengan presentasi Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias yang berjudul ‘ Rancang bangun Pengembangan Kawasan Agribisnis Florikultura Berbasis Inovasi’.

Setelah acara presentasi, Workshop dilanjutkan dengan Pembingkaian Workshop Dukungan Inovasi Dalam Pengembangan Kawasan Agribisnis Florikultura yang dipandu oleh Ir. Sulusi Prabawati, MS dan Dr. Ir. Budi Marwoto, MS. APU, yang mewakili Tim Program Dukungan Inovasi dalam Pengembangan Kawasan Agribisnis Florikultura (PKAH). Acara ini dilanjutkan dengan diskusi seluruh peserta workshop.

Ekspose

Kegiatan ekspose 2012 diselenggarakan di lahan sekretariat kelompok tani Krisan di Desa Candi Kuning, Baturiti-Tabanan, Bali. Eskpose menampilkan berbagai produk inovasi teknologi mulai dari varietas unggul baru hingga produk untuk pengendalian hama-penyakit yang ramah lingkungan. Selain varietas, ekspose juga menampilkan hasil penelitian bidang perbanyakan benih florikultura secara in vitro maupun in vivo.

Ekspose inovasi teknologi yang dilakukan di Candi Kuning tersebut ternyata mendapatkan respon antusiasme para pengunjung, seperti staf dan pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Daerah Propinsi Bali, khususnya Kabupaten Tabanan, teknisi BPTP-BPTP, penyuluh Dinas Pertanian lingkup Propinsi Bali, pelaku usaha tanaman hias, kelompok tani, dan petani.

Pelatihan

Pelatihan Teknologi Krisan Berbasis Kompetensi dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 29 November 2012 bertempat di sekretariat Kelompok tani Krisan di Desa Candi kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Peserta pelatihan berasal dari Kelompok tani binaan Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Hortikultura, Petugas Dinas Pertanian Tanaman pangan se propinsi Bali, Petugas BBI, BPTPH, BPSB, serta Teknisi, BPTP.

Pelatihan dibuka secara rermi oleh Dr. Ir. M. Prama Yufdy, MSc mewakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura. selanjutnya Dr. Ir. Budi Marwoto, MS memberikan presentasi pembingkaian pelatihan yang berfokus pada penjelasan tentang arti penting pelatihan yang berbasis kompetansi dan semua aspek yang terkait didalamnya.

Materi pelatihan terdiri atas : (1) perbanyakan krisan secara in vitro oleh Dr. Drs. Budi Winarto, MSc, (2) perbanyakan krisan secara in vivo dan budidaya krisan oleh Ir. Kurnia Yuniarto, MP, (3) pengendalian hama-penyakit pada krisan oleh Ir. Hanudin, dan (4) pasca panen dan analisis usaha tani krisan oleh Ir. Debora Herlina, MS. Materi pelatihan tersebut diberikan 30% dalam bentuk presentasi di depan kelas dan 70% praktik lapangan.


(1) Pembukaan Ekspose secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM, (2) Pelaksanaan Workshop Mendukung Pengembangan Inovasi Untuk Mewujudkan Kawasan Agribisnis Florikultura Yang Berdaya Saing, (3) Pelatihan perbanyakan krisan secara in vitro oleh Dr. Budi Winarto, MSc, (4) Pelatihan budidaya krisan Ir. Kurnia Yuniarto, MP dan Yiyin Nasihin, SP
Share
 PDF

Kecuali dinyatakan lain, pemilik content, gambar dan desain adalah Badan Litbang Pertanian Cq. Balai Penelitian Tanaman Hias, bagi yang ingin menyebarkan/menggunakan materi yang ada di situs web ini, dipersilahkan dengan mencantumkan alamat situs web ini sebagai sumbernya.

Tentang Kami | Peta Situs | Kontak Kami | © 2009-2012 Web Administrator Balai Penelitian Tanaman Hias
Jl. Raya Ciherang Pacet Cianjur, Telp. 0263-517056, 514138 Fax. 0263-514138 Email : balithi@litbang.deptan.go.id